Laman

Powered By Blogger

Selasa, 29 Juni 2010

INDOOR RESIDUAL SPRAYING IN SUDOROGO


Penampakan


Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo menyemprot 3.134 rumah diwilayah tersebut dengan cairan anti nyamuk anopeles. Program penyemprotan anopeles atau Indoor Residual Spraying (IRS) mulai dilaksanakan di Desa Sudorogo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Purworejo, Drg Dwitiya Suprijono mengatakan penyemprotan tersebut untuk mencegah makin meluasnya serangan malaria. "Salah satu jalan menekan malaria dengan IRS," ucap beliau di ruang kerjanya.

Dinkes Kabupaten Purworejo mengalokasikan tindakan IRS di Desa Sudorogo dan Sumowono (Kecamatan Kaligesing), Kemejing (Loano), Guyangan (Loano), Ketosari (Bener), Pekacangan (Bener), Medono (Bener), Cacaban Lor (Bener) dan Cacaban Kidul (Bener). IRS di sembilan desa tersebut diperkirakan akan melindungi sedikitnya 12.152 jiwa penduduk dari gigitan nyamuk anopeles.

IRS sudah mulai dilaksanakan pada bulan Maret dan berakhir Desember 2010. Pelaksanaannya selama dua kali dalam satu tahun. Operasional pelaksanaan IRS menggunakan dana dari APBD Kabupaten Purworejo. Namun, obat pembunuh nyamuk anopeles dialokasikan dari APBN.

IRS dilaksakan oleh kader malaria di setiap desa. Petugas pemberantas penyakit (PL) puskesmas di wilayah tersebut melakukan pengawasan. "Suksesnya IRS juga karena ada kerjasama yang baik dari masyarakat. Jadi, jangan ada warga yang menolak IRS karena akan merugikan mereka sendiri," tegasnya.

Petugas PL Puskesmas Kaligesing, Purbayu mengatakan, Desa Sudorogo menjadi salah satu wilayah pelaksanaan IRS. Selama April dan Mei, 19 penduduk desa itu terserang malaria. Serangan malaria di Kecamatan Kaligesing selama April dan Mei 2010 tercatat 26 kasus.

Kader IRS akan menyemprot 408 rumah di lima dusun Desa Sudorogo. "IRS harus tuntas di 408 rumah warga, kecuali jika ada penghuni yang dengan keras menolak penyemprotan dengan berbagai alasan. Namun, puskesmas akan terus sosialisasi pada warga akan pentingnya IRS," paparnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar